Sabtu, 25 Agustus 2012

Tutorial Bermain Gitar


Dalam artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana cara bermain gitar, menunjukan chord-chordnya atau kunci-kunci dasarnya.
Bermain Gitar Tidaklah Sulit, yang kita butuhkan adalah belajar dan belajar...
Eits tapi harus ada gitarnya donk, hehe

Baiklah ayo kita belajar bermain gitar.
Gitar adalah alat musik yang memiliki 6 senar. Senar yang paling bawah disebut senar ke 1 dan senar paling atas disebut senar ke 6.
Senar 1 bernada E
Senar 2 bernada B
Senar 3 bernada G
Senar 4 bernada D
Senar 5 bernada A
Senar 6 bernada e
( hasil suara nada tanpa menekan fert )
Kolom kolom pada gitar di sebut fert. Fert ke 1 di hitung dari yang paling ujung kiri ( bagi right handed/pemain gitar tangan kanan ).
Setiap fert memiliki nada. Berikut susunan nada dalam gitar :
F
F# / Gb
G
G# / Ab
A
A# / Bb
B#
C
C# / Db
D
D# / Eb
E
E# / F

ket:
A, B, C, D, E, F, G = kunci / nada dasar
# = naik setengah nada ( 1 fert ) dari nada dasar, di baca is ( A# = Ais )
b = turun setengah nada dari nada dasar di baca es ( Ab = As, Bb = Bes )
m = Minor (Am = Aminor)

Belajar gitar bisa dilakukan dengan 2 cara, antara lain :
A. Belajar secara otondidak
B. Belajar kepada orang lain yang sudah bisa bermain gitar.

Baiklah karena cara ke 2 ( B. Belajar kepada orang lain yang sudah bisa bermain gitar ) sudah tentu akan di jelaskan oleh orang yang mengajarkan, maka kali ini saya akan membahas tentang cara bermain gitar secara otondidak / belajar dengan sendirinya, artinya tidak belajar secara langsung pada orang lain ( face to face ) tapi hanya dengan membaca buku, menonton video dan sebagainya.

Pertama-tama kamu harus mengenal dan menghafal kunci-kunci dasar ( jangan yang balokan dulu ) seperti A, Am, C, D, Dm dan lainnya.
Kalau sudah tahu dan hafal kunci-kunci dasarnya kamu tinggal melatih jari-jari tangan kamu agar terbiasa dengan kunci-kunci itu ( kalau belajar gitar, bersiap-siaplah dengan rasa panas di ujung jari kamu. Tapi jangan khawatir, setelah ujung jari kamu sudah keras maka panas itu tidak akan terasa lagi ).
Nah..., setelah sudah terbiasa, cobalah memencet salah satu kunci lalu mengocoknya/memetiknya (menggembrengnya) dan ketika sudah lancar mengocok kamu tinggal melatih tangan kamu agar dapat berpindah cepat dari kunci satu ke kunci yang lain misalnya dari C ke Am ke Dm ke G atau kombinasi yang lainnya (yah, cobalah nyanyikan beberapa lagu yang gampang chordnya kaya lagu-lagunya st12 dan peterpan.
Nah yang tersulit dalam belajar gitar adalah menggunakan kunci balok. Ini membutuhkan tekanan jari yang kuat agar senar berbunyi seperti yang seharusnya. Saran saya gunakanlah setelan kendor saat belajar memainkan kunci balok (kalo tidak bisa menyetelnya, minta tolong pada orang yang bisa. Kalo gak ada yah terpaksa harus belajar dengan setelan/tuning/steman standar).
Kalau jari-jari kamu sudah terbiasa dengan kunci balok dengan setelan kendor, barulah kamu coba setelan biasa/standar. Mungkin akan terasa sedikit sakit, tapi tidak apa apa nanti juga terbiasa.

Setelah cara diatas sudah kamu lakukan, cobalah untuk belajar menyetem gitar.
Menyetem gitar mudah, cara:
Tekan kolom / fert ke 5 pada senar 6 dan samakan bunyinya dengan senar nomor 5.
Lalu tekan fert ke 5 pada senar 5 dan samakan bunyinya dengan senar nomor 4.
Lakukan itu pada senar berikutnya, tapi khusus untuk senar nomor 3 kamu tekan fert ke 4, jangn ke 5.

Biasanya setelah orang bisa bermain gitar, mereka pasti ingin belajar melodi. Tapi belajar melodi membutuhkan skill individu dan bakat tertentu. Ya walaupun belajar melodi dapat di pelajari, tapi tetap tergantung skill individu. Makanya bagi yang susah buat belajar bermelodi, bersabarlah dan terus belajar.
Tapi saya akan kasih sedikit tips tentang belajar bermelodi.
Bermelodi tidaklah asal asalan memetik atau menekan senar, bermelodi juga memiliki kunci. Nih kuncinya :
Setiap fert memiliki nadanya masing-masing kita mulai dari senar 6 fert
1 bernada F
2 bernada F#
3 bernada G
4 bernada G#
5 bernada A
6 bernada A#
7 bernada B
8 bernada C
9 bernada C#
10 bernada D
11 bernada D#
12 bernada E
Jika fert masih ada itu berarti nadanya F dan di urutkan lagi seperti yang di atas.
Setiap nada pada fert 5 itu sama dengan senar di bawahnya ( contoh, fert 5 senar 6 bernada A. jika kita memetik senar 5 maka nadanya akan sama A. Itu berarti fert 6 senar 6 sama nadanya dengan fert 1 senar 5. Begitupun dengan senar lain, kecuali senar 3. Pada senar 3 fert 5 bernada sama dengan fert 1 senar 2, itu artinya fert 4 senar 3 lah yang sama dengan nada senar 2 tanpa fert )
Jadi intinya setiap nada dalam senar selalu berhubungan dan berputar-putar. Dari nada F ke F# ke G ke G# sampai ke E dan setelah E maka fert berikutnya bernada F dan seterusnya.

Oh iya ini Daftar-daftar chord dengan gambarnya.Semoga postingan saya ini bermanfaat bagi kamu dan bookmark url ini ok.


dan kalau belum paham ini videonya :

Dapatkan Update Artikel Terbaru Gratis via E-mail:

0 komentar:

Posting Komentar

Versi Mobile